Kembali

Edukasi

Ini lho cara hormon wanita bekerja
Ini lho cara hormon wanita bekerja


Hormon wanita itu membantu mengubah tubuh kamu selama masa pubertas, menjadikannya lebih kewanitaan lho. Hormon wanita juga menyebabkan payudaramu membesar dan membuatmu mengalami menstruasi. 

Apa sih hormon wanita itu?

Ini lho cara hormon wanita bekerja

Pada masa pubertas, otakmu mengirimkan perintah yang mengatakan, 'buatlah hormon wanita!’ Lalu, hormon wanita yang dibuat di ovarium secara perlahan disekresikan. Saat payudaramu membesar, rambut tumbuh di ketiakmu, rambut kemaluan tumbuh, dan tubuhmu lebih berisi dan terlihat lebih kewanitaan, ini menunjukkan bahwa hormon wanita sedang bekerja untuk mengembangkan rahimmu, mengubah tubuhmu menjadi dewasa. :) 

Baca Juga : Bagaimana sih hubungan menstruasi dan hormon wanita?

Nah, saat payudaramu membesar dan sensitif terhadap gesekan pakaian, cobalah memakai miniset sebelum mulai mengenakan bra. Saat pertama kali membeli miniset atau bra mungkin kamu bingung memilihnya. Tapi kamu jangan khawatir ya, kamu bisa membicarakannya dengan seseorang di rumahmu untuk mengetahui jenis miniset atau bra yang sesuai untuk kamu gunakan.

Ini lho cara hormon wanita bekerja

Ini dia hubungan antara hormon wanita dan menstruasimu

Jumlah hormon yang membuat kamu terlihat lebih kewanitaan berubah sesuai dengan siklus menstruasimu lho. Nah, menstruasi seorang remaja datang ketika jumlah hormon yang disekresikan meningkat. Ketika hormon wanita seimbang, siklus menstruasimu menjadi stabil dan mengikuti ritme. Di sisi lain, jika hormon wanita tidak seimbang, kamu bisa mengalami menstruasi tidak teratur atau melewatkan menstruasi yang dapat mempengaruhi tubuhmu.

 

Ini lho cara hormon wanita bekerja

Seperti ini cara menjaga keseimbangan hormon wanita

Hormon wanita bisa menjadi tidak seimbang karena berbagai alasan seperti stres, kurang tidur, pola makan, dan gaya hidup yang tidak teratur. Usahakan hidupmu teratur agar hormonmu selalu seimbang ya. Mendengarkan musik favoritmu, berolahraga dengan benar, dan bersantai baik untukmu lho. Usahakan untuk tetap positif dan tidak stres agar hormonmu tetap seimbang. :)

Komentar (0)
A