Kembali

Tentang Menstruasi

Apa Saja Faktor Penyebab Rambut Rontok Wanita?

Apa Saja Faktor Penyebab Rambut Rontok Wanita?


Rambut rontok wanita bukan hanya jadi masalah orang dewasa aja, tapi remaja juga. Yakin deh, pasti Charm Girls pernah dibuat bete banget dengan banyaknya rambut yang berceceran di kamar?

Selain bikin berantakan, tentunya rambut rontok pada remaja bisa menimbulkan rasa kurang percaya diri. Penyebabnya memang ada beberapa mulai dari perubahan hormon, stres, faktor genetik, kekurangan nutrisi, konsumsi obat-obatan, sampai hairstyling yang berlebihan.

Hmm, kira-kira penyebab rambut rontok wanita yang kamu alami, ya?

Cara Mengatasi Penyebab Rambut Rontok pada Wanita

Terus, adakah hal-hal yang bisa lakukan untuk mengatasi rambut rontok wanita yang kita alami? Tentu saja ada, Charm Girls. 

  • Menjaga keseimbangan hormon

Remaja yang sedang pubertas khususnya wajar banget mengalami yang namanya perubahan hormon. Salah satunya adalah perubahan hormon androgen yang bisa menyebabkan folikel rambut menyusut. Alhasil, rambut kita jadi lebih tipis dan rapuh. Selain itu, hormon tiroid juga bisa mempengaruhi metabolisme rambut dan menyebabkan kerontokan, lho. 

Jika memang penyebab rambut rontok pada wanita yang kamu alami disebabkan oleh perubahan hormon, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter agar mendapat pengobatan yang sesuai. 

Oh ya, ketidakseimbangan hormon juga sering terjadi saat haid. Alhasil, banyak wanita yang mengeluhkan rambut rontok parah saat periode menstruasi. Kamu salah satunya?

Ternyata, rambut rontok saat menstruasi mungkin juga, lho. Hormon yang tidak seimbang bisa membuat kulit kepala lebih lembut dan lebih sesitif. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi suplemen zat besi, menyisir rambut lebih hati-hati, keramas, atau gunakan minyak esensial seperti minyak kelapa.

  • Mengurangi stres

Hayo, siapa yang suka kesulitan mengontrol kadar stres? Ternyata, stres juga bisa jadi penyebab rambut rontok pada remaja dengan memicu kondisi yang disebut telogen effluvium, yakni keadaan di mana sebagian besar folikel rambut masuk ke fase istirahat dan akhirnya rontok bersamaan. Nggak cuma itu, stres juga bisa mengurangi aliran darah ke kulit kepala dan menghambat pertumbuhan rambut baru.

Makanya, penting untuk kamu mencoba mengelola stres dengan lebih baik lagi. Charm Girls bisa coba melakukan aktivitas yang menyenangkan dan menenangkan seperti berolahraga, meditasi, yoga, atau hobi lainnya. Jika stres dirasa sudah terlalu berat dan mengganggu kehidupan sehari-hari, sebaiknya cari bantuan profesional seperti psikolog atau konselor.

  • Mengonsumsi nutrisi yang cukup

Penyebab rambut rontok wanita adalah kekurangan nutrisi tertentu, terutama protein, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, zinc, zat besi, dan biotin. Hayo, siapa yang lagi diet ketat, pola makannya nggak seimbang, dan lebih suka makan fast food

Sebaiknya beralihr ke makanan yang baik untuk kesehatan rambut seperti telur, ikan, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, sayuran hijau, buah-buahan segar, dan susu ya, Charm Girls. Salah satunya makanan yang mengandung banyak Omega-3.

  • Menghindari obat-obatan yang menyebabkan rambut rontok

Beberapa obat-obatan tertentu juga bisa jadi penyebab rambut rontok wanita, lho. Misalnya, obat-obatan untuk jerawat, depresi, kontrasepsi hormonal, tekanan darah tinggi, hingga kanker.

Jika kamu mengalami rambut rontok ekstres setelah mengonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter agar mereka bisa memberikan alternatif obat lain yang tidak menyebabkan efek samping berupa rambut rontok.

  • Mengurangi hairstyling yang berlebihan

Kalau kamu suka melakukan hairstyling yang berlebihan seperti mengecat atau bleaching rambut secara ekstrem, meluruskan atau mengeriting rambut dengan alat panas, dan lainnya, ternyata hal itu tersebut bisa merusak kutikula atau lapisan pelindung luar dari helai rambut dan membuatnya lebih mudah patah dan rontok.

Sebaiknya sih, Charm Girls mengurangi frekuensi dan intensitas melakukan hairstyling atau gaya rambut berlebihan. Misalnya, warnai rambut 2-3 kali setahun, gunakan alat panas dengan suhu rendah dan tidak terlalu sering, serta gunakan produk perawatan rambut yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia keras.

Penyebab rambut rontok pada wanita juga bisa jadi faktor genetik, Charm Girls. Ini biasa disebut dengan alopesia androgenik, yaitu bentuk genetik dari kebotakan rambut yang memiliki pola tertentu. Biasanya kondisi ini mulai terlihat saat remaja berusia 16-20 tahun.

Makanya, jika masalah rambut rontok wanita yang kamu alami sudah terasa begitu mengganggu dan cara mengatasi rambut rontok berlebihan di atas sama sekali nggak mempan, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mencari tahu apa penyebab rambut rontok parah tersebut. Supaya ketahuan jika ada masalah lain!

Selain menjaga kesehatan kulit kepala, tentunya kamu juga harus memperhatikan kenyamanan selama haid, nih. Sudahkah kamu menggunakan pembalut yang tepat?

Pembalut Charm Safe Night Gathers 42 cm bisa jadi pilihan buat kamu yang suka degdegan bocor di malam hari. Pembalut malam ini adalah yang paling panjang di Indonesia, lho. Pori serap aktifnya bisa menampung cairan hingga lapisan baah selama 12 jam, dan dua kali lebih baik mencegah bocor semalaman.

Liquid seal body fit berupa garis penahan cairan yang sesuai lekuk tubuh juga bisa menjaga pembalut tetap pas di badan meski kita berguling saat tidur. Pelindung sampingnya juga bisa cegah bocor samping, lho. Tenang aja, permbukaan lembutnya juga bisa cegah iritas. Pasti kamu nyaman tidur semalaman tanpa takut bocor!

penyebab rambut rontok wanita
penyebab rambut rontok pada wanita
Komentar (35)
A

An
Anonymous
Nice info
a year ago
Balas
An
Anonymous
Thanks for information ❤️
a year ago
Balas
An
Anonymous
Terimakasih banyak atas informasinya Cha Cha
a year ago
Balas
floating-icon