Kembali

Girl's Life

Apa Itu Pantyliner dan Kapan Harus Menggunakannya?

Apa Itu Pantyliner dan Kapan Harus Menggunakannya?


Menjelang masa haid, para perempuan mulai menyiapkan berbagai kebutuhan menyambut tamu periodik. Penggunaan pembalut dan pantyliner pun sudah lumrah di kalangan perempuan. Meski bentuk dan bahannya serupa, pembalut dan pantyliner memiliki fungsi dan sifat yang berbeda. Mungkin Charm Girls sudah familiar dengan pembalut, namun apa itu pantyliner? Yuk, simak!

Pembalut dan pantyliner adalah produk kewanitaan yang terbuat dari kapas asli atau sintetis. Kedua produk tersebut berfungsi menyerap cairan yang keluar dari vagina seperti darah menstruasi atau keputihan.

Baca juga: Apa itu Pantyliner, bahayakah dipakai setiap hari?

Pantyliner adalah produk kewanitaan yang bentuknya menyerupai pembalut, tetapi dengan ukuran lebih kecil dan tipis. Daya serap dan tampung pantyliner pun lebih sedikit. Berbentuk bantalan tipis yang dikenakan pada pakaian dalam untuk menyerap keputihan atau aliran menstruasi ringan. Pembalut versi tipis ini bekerja menyerap keringat dan cairan vagina. Pantyliner dipilih karena lebih nyaman dan praktis digunakan di akhir masa haid. Selain menjaga kelembapan vagina, pantyliner menjaga kebersihan pakaian dalam dari sisa-sisa darah kebocoran. Selain itu juga sering disebut pembalut keputihan, karena ukurannya yang lebih kecil dan tipis dibanding pembalut biasa.

Kapan Harus Menggunakan Pantyliner?

Para perempuan umumnya memakai pantyliner jelang menstruasi berakhir dimana masih ada flek, atau mengalami keputihan agak banyak. 

Banyak wanita, khususnya yang aktif bekerja, memilih menggunakan pantyliner  agar tetap nyaman dalam aktivitas sehari-hari. Namun, apakah pantyliner baik digunakan setiap hari saat PMS dan jelang berakhirnya haid? Banyak yang berasumsi, menggunakan pantyliner setiap hari justru dapat menyebabkan infeksi dan keputihan. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah, tetapi juga tidak sepenuhnya benar. Pada dasarnya penggunaan pantyliner setiap hari tidak dilarang.

Sebuah jurnal ilmiah yang dimuat dalam International Journal of Gynecology and Obstetric tahun 2014 menyimpulkan, pemakaian pantyliner di masa menstruasi tidak memiliki efek negatif pada area vulvovagina.

Apa Itu Pantyliner dan Kapan Harus Menggunakannya?

Baca juga: Apa itu pantyliner, bolehkah dipakai setiap hari?

Artinya, pantyliner bukanlah penyebab infeksi atau masalah pada vagina. Cara penggunaan yang kurang tepat memang bisa  menimbulkan risiko.

Lantas, kapan waktu ideal untuk pakai pantyliner?

Jawabannya tak terlepas dari fungsi pantyliner untuk menjaga kenyamanan di area kewanitaan.

Gunakan pantyliner untuk:

1. Menyerap keputihan dan keringat

Pantyliner menyerap cairan keputihan berlebih sehingga tidak menodai pakaian dalam. Selain itu, panty liner juga dapat menyerap keringat berlebihan ketika berolahraga atau menjalani hari yang aktif.

2. Menjaga kesegaran area kewanitaan

Pantyliner berfungsi menjaga kelembapan area kewanitaan sehingga segar dan kering sepanjang hari.

3. Menyerap sisa menstruasi

Setelah menstruasi, mungkin masih ada bercak atau aliran darah ringan sebelum haid benar-benar berakhir. Pantyliner bisa sangat membantu menyerap sisa-sisa cairan tersebut.

4. Mencegah bocor terduga

Jika sedang mendapat masa haid yang tidak teratur atau lupa mengingat masa menstruasi, pantyliner bisa jadi pilihan persiapan ideal demi mencegah kebocoran dan noda pada hari pertama haid yang sering tidak terduga.

5. Mencegah cairan postpartum merembes keluar

Cairan postpartum adalah keputihan yang dialami usai melahirkan. Panty liner dapat digunakan untuk menjaga area kewanitaan tetap kering dan nyaman selama menjalani periode ini.

Charm Pantyliner Long & Wide

Area kewanitaan merupakan area yang sensitif sehingga kita harus lebih cermat dalam memilih produk yang cocok. Memilih pembalut dan pantyliner tentu tidak boleh sembarangan. Pilihlah pantyliner dengan bahan berkualitas dengan daya serap tinggi yang aman mencegah ruam dan iritasi.

Charm punya berbagai line pantyliner yang bisa Charm Girls gunakan, salah satunya Charm Pantyliner Long & Wide!

Charm Pantyliner Long & Wide Breathable Non Perfumed terbuat dari bahan berkualitas dan materi yang aman digunakan. Lapisan tipis dengan tekstur bahan yang breathable menjaga sirkulasi udara di area kewanitaan.

Charm Pantyliner Long & Wide Breathable Non Perfumed lembut di kulit sehingga serasa sedang tidak memakainya. Daya serap yang sempurna bekerja menjaga kebersihan dan memberi “rasa bersih” dan nyaman sepanjang hari.

Selain itu, Charm Pantyliner Long & Wide Breathable Non Perfumed juga memiliki lapisan penyerap panjang & lebar sehingga akan membuatmu nyaman seharian. Juga, desain dan ukuran Charm Pantyliner Long & Wide Breathable Non Parfume sesuai dengan kontur tubuh. Pantyliner sekali pakai ini dilengkapi perekat untuk bisa menempel pada tempatnya dan mengikuti bentuk tubuh. Perekat khusus mencegah pantyliner bergeser sehingga mengurangi gerakan maupun gesekan.

Pantlyliner memang sangat berguna dan membantu para perempuan namun Charm Girls tetap perlu memerhatikan cara yang tepat menggunakannya.

Hindari menggunakan satu pantyliner yang sama sepanjang hari. Kesalahan yang sering terjadi terhadap perempuan adalah tidak pernah mengganti pantyliner seharian. Gantilah pantyliner setiap setidaknya tiga atau empat jam sekali untuk mencegah risiko tersebut. Biasakan untuk mencuci tangan saat mengganti pantyliner dengan sabun dan air mengalir. Lalu, cuci kembali sebelum memegang pantyliner yang baru.

Nah, Charm Girls jangan bingung lagi tentang apa itu pantyliner ya! Kamu juga bisa cek Pantyliner Long & Wide selengkapnya di sini.

apa itu pantyliner
charm
pantyliner charm
pembalut tipis untuk keputihan
charm pantyliner long & wide
kapan harus menggunakan pantyliner
Komentar (12)
A

Avatar Profile Image
Rizky Fibrina
banyak yang belun tau manfaat dan cara penggunaan pantyliner,untuk saya sndri pantyliner sangat berguna bagi wanita yg sedang mengalami keputihan
14 days ago
Balas
Se
Setya
Terimakasih infonya sangat berfaedah
14 days ago
Balas
SS
Siti Soleha
Wow informatif banget
14 days ago
Balas