Kembali

Edukasi

QnA Tubuh
QnA Tubuh


Hai, Charm Girls! Seiring tubuhmu beranjak dewasa, kamu pasti mulai menyadari atau bahkan khawatir dengan beberapa perubahan yang ada pada dirimu. Nah, penasaran tentang apa yang akan terjadi? Yuk, kita cari tahu.

Baca Juga : Ini cara menghitung berat badan ideal dan manfaat untuk tubuhmu

Payudaramu 

Q: Rasanya payudaraku terasa ‘geli’ dan kenyal. Apa ada yang salah? 

A: Saat payudara terasa nyeri ketika bersentuhan dengan bajumu, itu tandanya kamu telah tumbuh dewasa. Perlahan tapi pasti, payudaramu akan membesar. Jadi ketika kamu mulai merasa tidak nyaman, mungkin sudah saatnya kamu menggunakan bra. Banyak banget lho jenis bra yang dapat kamu pilih, mulai dari yang memiliki motif lucu sampai sports bra. Cerita pada orang terdekat dan minta tolong mereka untuk pilihkan bra yang cocok denganmu ya, Charm Girls!

QnA Tubuh

Q: Apakah normal jika ukuran payudara kiri dan kananku berbeda? 

A: Seiring tumbuh dewasa, banyak perempuan yang menyadari kalau ukuran dan bentuk payudara mereka berbeda antara yang kiri dan kanan. Pada umumnya, payudara kiri yang terletak di atas jantunglah yang lebih besar, tapi ingat semua orang itu berbeda, Charm Girls! Walaupun ukuran dan bentuk payudaramu tidak sama, bukan berarti kamu aneh dan sakit. Enjoy saja, ya. Tapi, kalau kamu masih merasa tidak nyaman, kamu dapat mengakalinya dengan bra yang memiliki busa atau pad

Q: Aku khawatir karena puting payudaraku warnanya gelap banget. Apakah normal? 

A: Charm Girls, semua orang punya warna kulit dan rambut yang berbeda, begitu pula dengan puting payudara. Ada kok teman-teman di luar sana yang memiliki puting yang berwarna gelap dan begitu pula sebaliknya. Tidak ada yang salah, kamu tak perlu khawatir.

Tubuhmu 

Q: Badanku pendek dan payudaraku kecil dibandingkan teman-temanku? Apakah Aku telat tumbuh? Apakah Aku akan baik-baik aja? 

A: Tenang aja, Charm Girls. Tubuh semua orang berkembang dengan caranya sendiri, tak ada yang salah kalau kamu berbeda dengan teman-temanmu. Pola makan dan tidur berpengaruh besar dengan perkembanganmu, lho. Jadi, pastikan kamu menjaga kesehatan dan makan makanan bergizi ya. Jangan cemas karena penampilan luarmu, bagian dirimu yang tidak terlihat juga penting. Belajar yang rajin, lakukan hobi bermanfaat dan jadi orang baik akan mendewasakanmu dari dalam. Kamu akan tumbuh menjadi perempuan yang sempurna, kok!

QnA Tubuh

Q: Apakah nggak masalah kalau Aku diet biar kurus seperti perempuan di TV dan majalah? 

A: Tentunya tidak ada masalah ketika kamu ingin jadi artis atau model, tapi ingat usiamu sekarang adalah waktu yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan. Apabila kamu tidak makan secara teratur, nanti kamu akan sakit. Memaksakan diri untuk tidak makan akan membuatmu stres dan mengganggu siklus bulananmu lho. Daripada pusing mikirin apa yang terlihat dari luar, lebih baik kamu fokus untuk glowing dari dalam. Dengan begitu kamu bisa jadi pribadi yang cantik dan sempurna.

QnA Tubuh

Q: Apa yang harus Aku lakukan dengan rambut di bawah lengan dan kakiku? 

A: Seiring beranjak dewasa, hormonmu akan menyebabkan rambut-rambut menyebalkan itu tumbuh menebal di bawah lengan dan kakimu. Normal banget kalau kamu terganggu dengan hal ini. Untuk mengatasinya, kamu bisa memakai pisau cukur atau alat cukur listrik, tapi hatihati, jangan sampai melukai kulitmu ya! 

QnA Tubuh

Q: Ternyata, bagian bawah lenganku bau... 

A: Tenang, setiap orang memiliki sedikit bau badan, lho. Cobain deh deodoran spray atau roll yang dapat mencegah keringat dan bau tidak sedap. Kamu bisa mendapatkannya di toko terdekat, kok. Oh ya, mencuci dan menjaga kebersihan tubuh secara teratur juga penting. Nah, kalau menurutmu baunya sudah sangat mengganggu, mungkin kamu memiliki bau di bawah lengan. Bau ini ada hubungannya dengan keringat yang keluar dari kelenjar keringat apokrin di bawah lengan. Hal tersebut mungkin bersifat genetik, jadi kamu bisa cek ke keluargamu, apakah mereka punya bau di bawah lengan yang sama. Apabila sangat mengganggu, coba ceritakan masalah bau badanmu pada orang terdekat dan minta tolong mereka untuk mengajakmu ke dokter kulit, oke? Merawat 

Tubuhmu 

Q: Sebel banget deh sama jerawat di mukaku. Gimana cara ngilanginnya ya? 

A: Jerawat yang muncul dapat disebabkan oleh hormon. Menyentuhnya dengan tangan kotor apalagi memencetnya bakal bikin jerawatmu semakin parah, jadi membiarkannya adalah solusi yang paling benar lho, Charm Girls! Untuk merawat wajahmu dari jerawat yang menyebalkan itu, mulailah untuk rajin cuci muka dan tidak sembarangan menyentuhnya. Kamu bisa juga mencoba produk cuci muka khusus untuk jerawat. Kalau memang sudah sangat mengganggu, ceritakan masalah ini dengan orang terdekat dan minta tolong mereka untuk mengajakmu ke dokter kulit, ya!

Komentar (0)
A